Ketua KPK Tinjau Tambang Aspal

179

KABARAPA.COM # Pasarwajo, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Agus Rahardjo menginjakkan kakinya di Bumi Penghasil Aspal, Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sultra (27/07/19).

Ketua komisi Anti Rasuah itu meninjau langsung Tambang aspal di Winning, Kabungka Pasarwajo. Sejumlah pejabat teras daerah Sultra turut mendampingi orang nomor satu di KPK tersebut.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, Bupati Buton, La bakry, Walikota Baubau, AS. Thamrin, Bupati Buton tengah, Samahuddin, Ketya DPRD Buton, La Ode Rafiun.

“Aspal Alam Buton telah dikenal sejak zaman Belanda, bahkan telah dikembangkan sejak Orde Baru. Namun pengelolaan Aspal Buton tiap tahunnya semakin menurun. Bahkan, jauh sebelum itu di zaman penjajahan Belanda saat penemuan Aspal Buton pada tahun 1928 silam,” kata Agus Rahardjo kepada awak media.

Agus menjelaskan, saat dikelola Belanda, Aspal Buton terbilang berkembang. Alat pengangkut aspal dari penambangan ke pelabuhan bongkar muat bisa menggunakan sky lift.

Dikatakannya, dahulu saat Belanda memutuskan untuk menginvestasi pengelolaan aspal, tentunya terlebih dahulu melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya menggunkan Cost Gini Ratio. Karena pengelolaan aspal Buton ini dianggap menguntungkan barulah Belanda memutuskan untuk melakukan investasi.

Namun, kata dia pengelolaan Aspal Buton saat ini justru berbanding terbalik. Bukannya berkembang, justru dari tahun-ketahun terus menurun.
Untuk itu, Agus mengharapkan kepada publik untuk memberikan waktu kepada pihaknya untuk mempelajari penyebab menurunnya pengelolaan Aspal Buton ini.

“Sesudah itu, baruslah kita berikan masukan pada pemerintah, “ katanya. (ote)

- Advertise -
Hosting Unlimited Indonesia