Hadiri HUT Buteng, La Bakri : Buteng Buka Ruang Pertumbuhan Baru

25

Bupati Buton, Drs. La Bakry, MSi menghadiri Hari Ulang Tahun Kabupaten Buton Tengah (Buteng) yang ke-6 di Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu. Kamis, 23 Juli 2020.

Kabupaten Buteng merupakan Daerah Otonom Baru (DOB) pemekaran dari Kabupaten Buton. Tahun 2014 silam, Buton memekarkan wilayahnya 2 DOB bersamaan yakni Buton Tengah dan Buton Selatan (Busel). Labungkari sebagai ibukota Kabupaten Buteng, dan Batauga, ibukota Kabupaten Busel. 

Kepada sejumlah wartawan, Bupati Buton mengatakan sebagai daerah otonom baru-Buteng membuka ruang-ruang pertumbuhan ekonomi yang baru. Diharapkan ke depannya cita-cita pemekaran Buteng enam tahun lalu tetap dipegang teguh oleh pemerintah daerah saat ini.

“Sebagai salah satu DOB yang baru mekar, kita tentu bangga karena saat ini Buteng memberikan ruang pertumbuhan baru untuk masyarakat,” ucapnya.

La Bakry juga meminta kepada elemen masyarakat agar senantiasa mendukung pemerintah dalam mempercepat pemekaran Provinsi Kepulauan Buton yang menurutnya merupakan cita-cita utama dari pemekaran DOB.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Buton, Alimani S.Sos., M.Si mewakili Bupati Buton menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-6 Kabupaten Buton Selatan di Lapangan Lakarada, Batauga.

Kedua DOB di usianya yang ke-6 terus berbenah. Bupati Buteng H Samahuddin SE menyampaikan dalam suasana yang aman, tenteram, damai dan demokratis, inilah dapat melakasanakan tahapan pembangunan daerah dengan sebaik-baiknya. Tidak  terasa Buteng telah berusia 6 tahun. Dan semua itu butuh dukungan dari semua elemen untuk mendukung program pembangunan.

Bupati Buteng mengaku pihaknya kini tengah mendesain dan merancang semua formula masa depan berdasarkan realita dan dinamika kekinian tanpa melupakan nilai-nilai dan peristiwa bersejarah masa lampau.

“Kita semua bersyukur dengan menajdikan kelahiran Buteng sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah dengan kata dan prestasi. Slogan Buton berkah jangan hanya pemanis retorika belaka, tapi harus nyata dalam realitas,” katanya.

Bupati Buton Selatan, H. Laode Arusani menghimbau masyarakat Buton Selatan untuk tidak tercerai berai. “Mari kita memandang Buton Selatan yang lebih baik karena begitu banyak usaha dan doa bahkan pengorbanan utk perjuangan panjang memekarkan Kabupaten Buton Selatan”, ungkapnya.

Pimpinan Daerah pemekaran dari Kabupaten Buton ini berharap Buton Selatan akan menjadi daerah yang maju, menjadi pusat pertumbuhan baru dan masyarakatnya makin sejahtera.

Di usianya yang ke-6, kedua DOB tersebut terus bergeliat dan membangun daerahnya sejajar dengan kabupaten lainnya di Sulawesi Tenggara.

- Advertise -
Hosting Unlimited Indonesia