Gubernur Sultra menghadiri Pesta Adat Pikoelaliwu

66

Gubernur Sultra menghadiri Pesta Adat Pikoelaliwu yang digelar masyarakat Takimpo kambula-mbulana Pasarwajo yang dipusatkan di Baruga Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi tenggara, Rabu, 11 Desember 2019. Pesta Adat Pikoelaliwu merupakan puncak acara Pesta adat Takimpo Kambula-mbulana Pasarwajo yang berlangsung sejak 1 Desember 2019 lalu yang diawali di Pantai Wajo, Pasarwajo.

Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH, Danrem 143 HO, Kolonel inf Inf Yustinus Nono Yulianto, SE, MSi, Bupati Buton, Drs. La Bakry, MSi, Kapolres Buton, AKBP Ramos P Sinaga, Dandim 1413/Buton, Letkol Arif Kurniawan, dan sejumlah anggota DPRD Kabupaten Buton turut hadir dalam acara tersebut

“Acara Budaya ini merupakan kekayaan Buton yang masih lestari dan dilaksanakan secara spontan oleh masyarakat Takimpo Kambula-mbulana Pasarwajo,” kata Bupati Buton, Drs. La Bakry, MSi ketika menyambut tamu yang menghadiri pesta adat tersebut.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton tersebut merasa bangga sebab untuk pertama kalinya acara pesta adat tersbeut dihadiri Gubuernur Sultra yang nota bene putra Pasarwajo.

Sementara itu Gubernur Sultra, H. Ali Mazi sangat mengapresiasi acara yang digelar di Baruga Pasarwajo itu. “Selaku pimpinan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, dan secara pribadi sebagai Putra Buton, menyambut baik dan mengapresiasi, serta mendukung pelaksanaan pesta Adat Takimpo Kambula-bulana Pasarwajo yang telah dijadikan agenda tahunan oleh Pemerintah Kabupaten Buton dalam upaya melestarikan nilai-nilai budaya yang ada dalam masyarakat Takimpo Kambula-bulana Pasarwajo,” katanya.

Dikatakannya pesta adat yang dilaksanakan dalam tradisi Takimpo Kambula-bulana Pasarwajo merupakan serangkaian kegiatan Acara adat yang mengandung makna yang sangat mendalam. Pesta Adat ini telah dilakukan oleh masyarakat Buton, khususnya Takimpo Kambula-bulana Pasarwajo secara turun temurun hingga saat ini. “Mulai dari prosesi adat picundupia yang saya saksikan langsung pada tanggal 1 Desember 2019 yang lalu, hingga yang Prosesi Adat Lelo-lelo dilaksanakan di Baruga kemarin,” kata Gubernur Sultra.

Makna dibalik serangkaian ritual pesta adat ini kata Ali MAzi adalah untuk menjadikan generasi kita menjadi generasi berbudaya, menjadi anak-anak yang baik, menghormati orang tua, menjadi anak yang mencitai keluarga, hidup saling menyayangi, menjadi anak yang mencintai tanah airnya, menjadi anak yang taat beribadah sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya, serta memiliki etika dan kepribadian yang kuat di masyarakat. Acara Ritual pesta adat Takimpo Kambula-bulana Pasarwajo ini begitu melekat di masyarakat Takimpo Kambula-bulana Pasarwajo dan harus terus dilestarikan, karena tradisi ini merupakan peninggalan leluhur.

“Dalam Konteks Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara, pelestarian nilai-nilai budaya merupakan salah satu fokus dan menjadi prioritas pembangunan Yang dikemas dalam program Sultra Beriman dan Berbudaya, yang merupakan penjabaran dari visi Pemerintah Provinsi Sultra, periode 2018 – 2023 yakni terwujudnya Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat. Program sultra berbudaya merupakan kebijakan yang Bertujuan untuk mengaktualisasikan nilai-nila budaya, Dan kearifan lokal, menghargai adat istiadat setiap Kelompok Masyarakat Serta Melindungi Dan Menyelamatkan warisan budaya berupa situs-situs Budaya, dan kesenian kesenian. Oleh karena itu, pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara melalui dinas pendidikan dan kebudayaan Akan menjadikan pesta adat takimpo kambula-bulana Pasar wajo sebagai salah satu warisan budaya tak Benda milik masyarakat takimpo pasar wajo yang mesti Terus dirawat dan perlu mendapat perhatian khusus. Tempat-tempat penyelenggaraan prosesi ritual adat perlu ditata dengan baik, sehingga menarik bagi Pengunjung (wisatawan) yang Akan Menyaksikan Prosesi ritual adat.

“Olehnya itu, Pemprov Sultra melalui Dikbud Sultra akan menjadikan Pesta Adat Takimpo Kambula Mbulan Pasarwajo sebagai salah satu warisan budaya tak benda milik masyarakat yang mesti terus dirawat dan perlu mendapat perhatian khusus,” kata Politisi Nasdem ini (kominfocrew)

- Advertise -
Hosting Unlimited Indonesia