Festival Budaya Tua 2019, Budaya Buton dan Masa Depan

633

KABARAPA.COM – Penyelenggaraan Festival Budaya Tua Buton 2019 bakal disesuaikan dengan Tahun 2019. Sehingga semua yang berhubungan dengan angka pelaksanaan festival bakal menggunakan angka 19. Sebut saja jumlah penari yang memperagakan Tari Kolosal akan berjumlah 5019 penari.

Talang dalam acara Kandea-kandea juga berjumlah 2019 Talang. Bayi yang akan diimunisasi pada pada Festival Pesona Dhole-dhole juga berjumlah 219 Bayi. Festival Posuo akan memingit 219 gadis. Demikian juga dengan Festival Tandaki juga melibatkan 219 anak laki-laki.

Dalam rapat bersama yang dipimpin langsung Bupati Buton, La Bakry yang didampingi Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, Sekda, Kadis Pariwisata dan Kadis Kebudayaan disepakati bahwa nuansa Tahun 2019 akan dijadikan sebagai angka untuk kegiatan ivent yang telah masuk kalender tersebut.

“Adapun tema yang diusung nantinya adalah Budaya Buton dan masa depan. Kegiatan yang menjadi rangkaian festival akan menggunakan angka 19,” kata Bupati Buton.

Dikatakannya tema tersebut sebagai sebuah promosi untuk memperkenalkan budaya Buton dan menggugah masyarakat dan semua elemen tentang pengembangan budaya Buton ke depan.

“Sedianya tema ini akan didiskusikan dan disayembarakan namun mengingat waktu pelaksanaan maka tema ini yang dipilih,” ujarnya. (ody)

- Advertise -
Hosting Unlimited Indonesia