BPJS Ketenagakerjaan Launching Desa Sadar Jaminan Sosial, Ini Harapan Wakil Bupati Buton

51

KabarApa.com -Pasarwajo – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Kepulauan Buton (Kepton) menggelar launching Desa Sadar Jaminan Sosial di Desa Boneatiro, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Kamis (24/10).
Dihadiri Wakil Bupati Buton, Iis Elianti dan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) terkait. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kepton, Mustaqmal mengatakan penganugerahan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan aprisesiai dari BPJS Ketenagakerjaan di wilayahnya.

“Desa Boneatiro ini ditetapkan sebagai desa sadar jaminan social dikarenakan memberikan kontribusi yang baik akan kesadarannya dalam hal memberikan perlindungan Jaminan Social Ketenagakerjaan di aspek Pemerintahan Desa. Sekedar informasi, Desa Boneatiro telah mendaftarkan 9 aparaturnya dalam perlindungan jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian di BPJS Ketenagakerjaan. Ke depaannya Insya Allah akan bertambah yang akan mendaftarkan unsur pekerja lainnya yang terlibat dalam aktivitas roda pemerintahan desa. Hal ini merupakan sesuatu yang patut kita banggakan dan apresiasi,” kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kepton, Mustaqmal pada Acara Launching Desa Sadar Ketenagakerjaan yang dipusatkan di Galampa Boneatiro.

Menurut Mustaqmal, kedepannya dengan penetapan Desa Sadar jaminan Sosial Ketenegakerjaan ini, akan lebih mamacu masyarakat Desa Boneatiro agar lebih massif ikut serta, dan hal ini juga bisa menjadi pemicu positif bagi desa lainnya untuk ikut serta berkontribusi positif. Dimulai dari kepesertaan pemerintahan desa-nya, kemudian berlanjut ke pelaku usaha kecil mikro, usaha menengah dan besar dan juga menyasar kepada pekerja informal seperti nelayan, petani, pedagang di pasar dan lainnya.

Wakil bupati Buton, Ny. Iis Elianti BPJS Ketenagakerjaan yanag dibentuk melalui amanah UU 24 tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial diharapkan agar seluruh warga negara yang ada di Indonesia dapat merasakan keadilan dan kesetaraan dalam hal kesejahteraan status sosialnya.
“Saya mengajak kepada kita semua khususnya masyarakat Boneatiro untuk menjadikan momentum peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan ini sebagai hal positif yang ke depannya dapat mendorong semangat kita bersama agar berpikir lebih peduli pekerja, pencari nafkah dalam keluarga dan peduli masa depan derajat ekonomi keluarga nantinya,” katanya.

Politisi Parta Amanat nasional kabupaten Buton ini mengajak warga untuk memanfaatkan dalam menjamin keluarga mereka. “Sebagai nelayan yang menggantungkan hidupnya pada sector kelautan, masyarakat Boneatiro hendakmnya dapat memanfaatkan BPJS ini sebaik-baiknya. Sebab ini menjamin keselamatan jika ada kecelakaan kerja. Bukannya kita meminta musibah, namun BPJS ketenagakerjaan dapat memberikan perlindungan Jaminan Sosial ketenagakerjaan dan kematian,” katanya.

Iis juga menghimbau OPD terkait untuk memberikan pembinaan kepada masyaraat Boneatiro sebagai penghasil ikan. “Agar OPD senantiasa memberikan pendampingan para nelayan, sehingga dapatKe depan masyarakat nelayan di Boneat meningkatkan namenjamin keselamatan kerja dan Sebagai penghasil ikan, di wilayah Kepton, dapat meningkatkan produknya menjadi produk unggulan sehingga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Buton. Dan ini pasti akan berdampatk pada peningkatan Kesejahtreraan warga,” pungkasnya.(odi)

- Advertise -
Hosting Unlimited Indonesia