5 Analisis Jelang Laga Persipura vs Kalteng Putra di Liga 1 2019

59
Laga Persipura Foto: Media Bhayangkara FC.

Laga Persipura Jayapura menghadapi Kalteng Putra bakal tersaji di pekan ke-14 Liga 1 2019. Bermain di Stadion Mandala, pukul 13.30 WIB pada Rabu (14/8), Mutiara Hitam bakal berusaha mempertahankan rekor positif, sementara Laskar Isen Mulang juga ingin tetap di trek kemenangan.

Kini, Persipura berada di posisi ke-13 klasemen sementara mengoleksi 13 poin dari 11 pertandingan. Sempat terpuruk di zona merah, bersama Jacksen F. Tiago Persipura perlahan bangkit dan mulai naik ke papan tengah. Bakal main di depan publik sendiri, kemenangan pun jadi target berikutnya Jacksen.

Jacksen pun mengimbau kepada anak asuhnya untuk tidak meremehkan tim tamu. Pasalnya, Kalteng Putra yang notabene tim promosi sempat melaju hingga semifinal di Piala Presiden. “Tidak ada alasan bagi kita untuk meremehkan tim lawan dan menjaga momentum kita dengan baik dan jangan sampai terlena di laga besok,” ujar Jacksen.

Terlebih, Persipura menelan kekalahan dari Kalteng Putra musim ini di ajang Piala Presiden. Hal tersebut membuat Jacksen menambah kewaspadaan mereka. “Paling penting belajar dari kegagalan kemarin dan juga mengumpulkan banyak informasi soal kekuatan mereka,” ucap pelatih asal Brasil tersebut.

Kalteng Putra menempati peringkat 10 di klasemen sementara, mengoleksi 14 poin dari 12 pertandingan. Pelatih mereka, Gomes de Olivera pun mengaku menargetkan kemenangan.

Karena itu, Gomes mengaku sudah menyiapkan skuad terbaik untuk menghadapi tuan rumah Persipura. “Target kami memang menang atau mencuri poin di kandang lawan, makanya kami membawa 18 pemain yang sudah disiapkan tim pelatih untuk menghadapi Persipura nantinya,” ujar Gomes.

Gomes pun mengakui sendiri Persipura bukan lawan yang mudah. Punya tim yang bagus, tuan rumah juga tengah dalam grafik yang meningkat. “Semoga kemenangan yang akan kami dapatkan saat bertandang ke markas Persipura nantinya. Yang jelas kami berangkat dengan penuh percaya diri,” ungkap Gomes.

Jelang laga Persipura Jayapura menghadapi Kalteng Putra di Liga 1 2019, berikut lima analisis yang bisa disimak terlebih dahulu.

1. Kalteng Putra menang atas Persipura di Piala Presiden

Penyerang Persebaya, Osvaldo Haay (Tengah), berduel dengan bek Kalteng Putra Foto: Persebaya

Musim ini, Persipura Jayapura dan Kalteng Putra sejatinya sudah sempat bertemu di ajang Piala Presiden. Sama-sama tergabung di Grup C, bermain di Stadion dr. H. Moch.Soebroto, Magelang, Mutiara Hitam takluk dengan skor 1-3 dari Laskar Isen Mulang.

Adapun pada laga tersebut, Luis Pilar jadi pencetak angka tunggal Persipura, lewat gol yang hadir pada menit ke-69. Sedangkan Kalteng Putra kemudian membalas tiga gol, lewat brace Patrich Wanggai (71’ dan 73’) dan Michael Rumere (78’).

2. Persipura tengah dalam tren kebangkitan

Pertemuan Persipura dan PSS 2017 silam. (Foto: Facebook/Piala Presiden)

Bersama Jacksen F. Tiago, Persipura mulai bangkit dari keterpurukan. Lima laga terakhir, Mutiara Hitam hanya menderita satu kekalahan, sisanya tiga kali meraih poin penuh dan satu hasil imbang.

Setelah imbang lawan Badak Lampung FC 1-1, Persipura kemudian menang dua kali beruntun lawan Madura United dan Bhayangkara FC dengan skor sama-sama 1-0. Sempat kalah 1-0 lawan Persebaya, Boaz dan kolega kembali menang pekan lalu kala bertandang ke markas PSIS dengan skor 1-3.

3. Kalteng Putra menang di dua laga beruntun

Kalteng Putra di laga menghadapi Persebaya. (Foto: Dok PT. LIB)

Sempat terpuruk tak pernah menang di enam laga beruntun, lima di antaranya berupa kekalahan, kini Kalteng Putra kembali ke trek kemenangan. Dua pekan belakangan Laskar Isen Mulang sukses menang beruntun.

Kekalahan terakhir Kalteng Putra adalah kala menghadapi Tira-Persikabo dengan skor 5-2. Setelah itu, Kalteng Putra menang dua kali beruntun. Pertama menghadapi Semen Padang dengan skor 2-0, kemudian pekan lalu kala membenamkan Arema FC 4-2.

4. Pemain andalan kedua tim

Pesepakbola Persib Bandung Achmad Jufriyanto dan Bojan malisic menghalau pesepakbola Persipura Jayapura Marinus Mariyanto Wanewar. Foto: Antara/M Agung Rajasa

Persipura bisa mengandalkan bek sarat pengalaman Ricardo Salampessy di barisan pertahanan. Lini tengah ada Ibrahim Conteh yang bisa jadi pembeda. Adapun kemungkinan absennya Boaz Solossa, Todd Ferre, Mamadou Samassa dan Titus Bonai bisa diandalkan.

Sementara Kalteng Putra bakal mengandalkan Rafael Bonfim di lini pertahanan. Sedangkan lini tengah punya I Gede Sukadana yang bisa jadi pembeda. Adapun Diogo Campos, Patrich Wanggai dan Yohanes Pahabol jadi trisula maut.

5. Prediksi susunan pemain

Starting XI Persipura di Piala Presiden. (Foto: Facebook/Piala Presiden)

Persipura (4-3-3)

Pelatih: Jacksen F. Tiago

Dede Sulaiman (kiper); Yohanis Tjoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae (bek); Muhammad Tahir; Ibrahim Conteh, Oh In-Kyun (gelandang); Todd Ferre, Mamadou Samassa, Titus Bonai (penyerang).

Kalteng Putra (3-4-3)

Pelatih: Gomes de Olivera

David Ariyanto (kiper); Kevin Gomes, OK John, Rafael de Jesus Bonfim (bek); Hedipo, Fajar Handika, I Gede Sukadana, Rizky Dwi Febrianto (gelandang); Diogo Campos, Patrich Wanggai, Yohanes Pahabol (penyerang). (bob)

Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.

Sumber : kumparan.com

- Advertise -
Hosting Unlimited Indonesia